Bukan Uangnya Bukan Produknya
"Kami memiliki rancangan kompensasi terbaik." Saya sering men-
dengar ucapan ini ketika saya menyelidiki berbagai perusahaan pema-
saran jaringan. Orang yang ingin sekali menunjukkan peluang bisnis-
nya kepada saya akan bercerita tentang orang yang berpenghasilan
ratusan ribu dollar per bulan dari bisnis ini. Saya juga sudah bertemu
dengan orang yang benar-benar berpenghasilan ratusan ribu dollar
per bulan dari bisnis pemasaran jaringan... jadi saya tidak meragukan
potensi penghasilan yang sangat besar dari pemasaran jaringan.
Umpan memperoleh banyak uang menarik banyak orang ke dalam
bisnis ini. Namun saya tidak menyarankan untuk melihat bisnis
pemasaran jaringan terutama dari uangnya.
"Kami mempunyai produk terbaik." Pernyataan ini merupakan ke-
untungan kedua paling ditekankan yang dipresentasikan kepada saya
ketika memeriksa berbagai bisnis pemasaran jaringan. Penyelidikan
saya terhadap perusahaan pemasaran jaringan yang berbeda, membuat
saya sangat terkejut dengan begitu banyaknya produk atau jasa yang
disalurkan melalui sistem pemasaran jaringan.
Peluang bisnis pemasaran jaringan pertama yang saya lihat pada
1970-an menjual vitamin. Saya mencobanya dan mendapatinya se-
bagai vitamin berkualitas prima. Saya masih meminum beberapa
dari vitamin-vitamin itu hari ini. Ketika penyelidikan saya berlanjut,
saya menemukan berbagai bisnis pemasaran jaringan dengan rangkaian
produk utama ini:
1. Produk perawatan rumah yang habis terpakai
2. Jasa telepon
3. Real estat
4. Jasa keuangan
5. Situs Web Internet
6. Distribusi pasar Internet, menjual dengan diskon hampir semua
barang yang dijual Wal-Mart dan K-Mart
7. Produk pemeliharaan kesehatan
8. Perhiasan
9. Jasa pajak
10. Mainan pendidikan
Dan daftar itu terus berlanjut. Paling sedikit sebulan sekali, saya
mendengar tentang perusahaan pemasaran jaringan baru dengan
bentuk baru pada produk atau rancangan kompensasi mereka. Saya
bergabung dengan beberapa di antaranya karena saya rnenginginkan
produk atau jasa yang ditawarkan. Tetapi produk atau rancangan
kompensasi bukan alasan utama saya mendorong orang untuk me-
nyelidiki bisnis pemasaran jaringan yang berbeda.
0 komentar