Tertutupnya Pikiran Saya



Suatu ketika pada pertengahan tahun 70an, seorang teman mengundang
 saya ke sebuah presentasi tentang peluang bisnis baru. Sebagai orang
yang mempunyai kebiasaan untuk secara teratur menyelidiki peluang
bisnis dan investasi, saya setuju untuk menghadiri pertemuan itu.

Meskipun saya pikir aneh bahwa sebuah pertemuan bisnis diadakan
di rumah pribadi bukan di kantor, saya tetap pergi juga. Pertemuan
itu merupakan perkenalan saya dengan dunia pemasaran jaringan
(network marketing).

Saat akan meninggalkan presentasi yang lamanya tiga jam tersebut,
teman saya bertanya apa pendapat saya tentang peluang usaha yang dipresentasikan.
Jawaban saya adalah, "Menarik, tetapi bukan untuk saya."

Ketika teman saya bertanya mengapa saya tidak tertarik, saya
katakan, "Saya sudah dan sedang membangun usaha saya sendiri.
Kenapa saya harus membangun usaha bersama orang lain?" Saya
kemudian berkata, "Di samping itu, saya juga mendengar rumor
bahwa bisnis pemasaran jaringan ini hanyalah sistem piramida dan
ilegal."

Sebelum teman saya dapat mengatakan sesuatu lebih lanjut,
saya meninggalkannya menuju kegelapan malam, masuk ke dalam
mobil saya, dan menghilang. Pikiran saya tertutup dan saya tidak
mau mendengar lebih banyak lagi. Baru setelah bertahun-tahun
pikiran saya terbuka lagi... cukup terbuka untuk mendengar dan
pendapat saya mulai berubah tentang industri itu.

Pada tahap kehidupan saya pertengahan 1970-an itu, saya sedang
membangun usaha internasional saya yang pertama. Jadi saya sangat
sibuk mengurus pekerjaan siang hari saya ditambah membangun
bisnis ini pada waktu luang. Usaha yang sedang saya bangun adalah
usaha manufakturing dan pemasaran dengan kegiatan utama mema-
sarkan dompet nilon dan Velcro pertama bagi peselancar.

Segera setelah pertemuan pemasaran jaringan saya yang pertama, dompet
olahraga saya berkembang pesat. Kerja keras saya selama dua tahun
mendatangkan keuntungan. Kesuksesan, kemasyhuran, dan kemujuran
seolah-olah dicurahkan kepada dua orang partner saya dan saya.
Kami telah mencapai cita-cita kami, yaitu menjadi jutawan sebelum
kami berumur 30, dan pada 1970-an, satu juta dollar sangat berarti.

Perusahaan saya dan produk saya ditulis di majalah-majalah seperti
Surfer, Runner's World, dan Gentleman's Quarterly. Produk kami adalah
produk baru yang masih panas dalam dunia perlengkapan olahraga,
dan pesanan mengalir dari seluruh penjuru dunia. Usaha internasional
saya yang pertama telah berdiri dan berjalan dan saya tidak memikir-
kan industri pemasaran jaringan lagi selama 15 tahun.

Share:

0 komentar